Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS PADA MICROSOFT WORD


Daftar isi sering digunakan dalam Microsoft Word, terlebih yang memang sedang membuat semisal: makalah, skripsi, jurnal, buku, novel, proposal, dan tugas lainnya yang memang harus mencantumkan daftar isi di dalamnya. Untuk cara membuat daftar isi di Microsoft Word sebenarnya bisa di lakukan dengan cara manual, namun dengan cara manual perataan teks kurang rata sehingga hasilnya pun jauh dari kata sempurna. Maka dari itu untuk artikel kali ini akan dibahas cara membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis sehingga natinya tidak perlu lagi mengetik ulang kata pengantar, daftar isi, bab, sub-bab maupun sub sub-bab pada daftar isi.

Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Membuat/menentukan dokumen yang akan dibuatkan daftar isi. Mulai dari kata pengantar sampai akhir. Seperti contoh di bawah ini.

  1. Setelah membuat/menentukan dokumen yang akan dibuatkan daftar isi, maka untuk selanjutnya buatlah halaman kosong (blank) yang mana akan dijadikan untuk mebuat daftar isi. Seperti contoh dokumen disini akan dibuatkan daftar isi pada halaman kedua setelah kata pengantar pada halaman pertama. Untuk caranya terlebih dahulu letakkan kursor pada baris terakhir pada halaman pertama, kemudian tekan CTRL+Enter. Setelah halaman kosong (blank) muncul lalu ketiklah teks "DAFTAR ISI" pada halaman tersebut dan berilah jarak dengan list daftar isi yang akan dibuat otomatis. Perhatikan gambar berikut.

  1. Setelah tahap no. 1 dan 2 selesai, selanjutnya barulah melakukan proses pembuatan daftar isi otomatis. Caranya blok judul pada dokumen seperti Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I Pendahuluan dsb yang akan dijadikan Heading 1/Level 1.Perhatikan gambar dibawah ini!

  1. Selanjutnya pilih menu References kemudian klik Add Text lalu pilih Level 1. Perhatikan gambar dibawah ini!
    Untuk merubah warna dan posisi judulnya silahkan pilih menu Home kemudian klik rata tengah    lalu klik font color     dan pilih Automatic. Perhatikan gambar dibawah ini!



  1. Selanjutnya beralih ke Sub BAB dan Anak Sub BAB. Caranya sama seperti poin no. 4 yaitu block sub BAB seperti Latar belakang, Permasalahan, Tujuan dst kemudian pilih menu References lalu klik Add Text lalu pilih Level 2. Untuk Anak Sub BAB, silahkan pilih Level 3. Perhatikan gambar dibawah ini!

    LEVEL 2

    LEVEL 3

  1. Selanjutnya masuk ke tahap terakhir yaitu menampilkan daftar isi dari data yang sebelumnya sudah diatur tiap levelnya. Untuk caranya, arahkan kursor menuju halaman DAFTAR ISI kemudian letakkan kursor dibawah daftar isi tersebut. Kemudian masuk ke menu References lalu pilih Table Of Contents lalu pilih Automatic Table 1. Perhatikan gambar dibawah ini!

    maka hasil pembuatan daftar isi otomatis akan tampil seperti gambar dibawah ini.

  1. Selesai.

Untuk tulisan Contents yang berwarna biru silahkan hapus saja.

Baik cukup sekian pembahasan tentang cara Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment for "MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS PADA MICROSOFT WORD"